A-DTH Recharge-1|Evolution of DTH

Sebelum teknologi DTH atau Direct to Home memasuki ruang keluarga kami, ada set top box kabel yang digunakan sebagian besar rumah tangga India untuk melihat saluran favorit mereka, serial televisi, film bintang favorit dan acara olahraga di televisi. Pada tahun 2000, pemerintah India mengizinkan penerimaan dan transmisi sinyal televisi satelit; akibatnya layanan DTH gratis pertama di India diluncurkan oleh Dish TV pada tahun 2003. Saat ini sebagian besar operator terkemuka telah membayar langganan dan DTH Recharge dapat dilakukan secara online melalui situs web milik perusahaan, Aplikasi atau Aplikasi pihak ketiga seperti Paytm, Telepon bayar, dan Mobikwick.

Pada tahun 2000, pemerintah India menyetujui layanan DTH dengan batasan-batasan tertentu seperti tidak ada lembaga swasta atau pemerintah tunggal akan memiliki monopoli lengkap di pasar dan bahwa proses integrasi dengan jaringan kabel dan dengan saluran televisi harus adil. Semua operator DTH harus mendirikan stasiun bumi dalam setahun setelah menerima lisensi operasi, investasi langsung asing disegel pada 49% dan perusahaan DTH harus dipimpin oleh seorang warga negara India.

  • Ketika layanan DTH gratis pertama Dish TV diluncurkan pada tahun 2003, ia berfokus pada daerah pedesaan dan daerah lain di mana jaringan kabel tidak ada. Alasan untuk ini adalah juga fakta bahwa – pada titik waktu itu mereka dapat mengatur untuk menawarkan sekitar 48 saluran hanya sebagai melawan 60 saluran yang ditawarkan oleh jaringan kabel dan juga beberapa saluran terkemuka tidak mendaftar salurannya dengan Dish. Dalam rentang waktu 2 tahun perusahaan ini mampu mendapatkan sekitar 3,5 lakh pelanggan.
  • Prasar Bharati memulai DD Direct Plus pada tahun 2004. Ia juga menawarkan layanan gratis.
  • Layanan Tata Langit DTH dimulai pada tahun 2006. Ini adalah usaha patungan antara Tata Group dan British Sky Broadcasting. Secara teknis lebih unggul dari Dish TV dalam hal kualitas gambar dan audio dan lebih banyak jumlah saluran. Oleh karena itu Tata Sky mendekati basis pelanggan di kota-kota dan kota-kota metro. Layanan berbayar yang ditawarkan dengan DTH Recharge harus dilakukan secara berkala.
  • Pada pertengahan dekade pertama tahun 2000, Dish TV telah mengakuisisi sejumlah transponder yang memungkinkan mereka untuk menawarkan jumlah saluran terbanyak pada waktu itu, yaitu sekitar 150 saluran.
  • Sun Direct DTH diluncurkan pada 2007
  • Airtel Digital TV dimulai pada tahun 2008
  • Reliance Digital TV memulai layanan DTH pada tahun 2008. Ini memiliki catatan mencapai 1 juta pelanggan dalam durasi tercepat – dalam waktu 3 bulan sejak diluncurkan.
  • Layanan Videocon d2h dimulai pada tahun 2009.
  • Semua penyedia layanan DTH mulai menawarkan saluran HD (High Definition) mulai tahun 2011 dan seterusnya yang dipimpin oleh Sun Direct yang menawarkan saluran HD untuk pertama kalinya di India pada tahun 2010.
  • Pada bulan Januari 2015, Videocon d2h mulai menawarkan untuk pertama kalinya di India saluran 4K Ultra HD.

Pada tahun 2011, dibuat wajib bagi semua operator DTH untuk menawarkan saluran secara al-carte bagi pelanggan berbayar.